Wednesday, November 15, 2006

Health Informatics - Review Blog Puskesmas Palaran, Samarinda, Kaltim

Sebenarnya saya menemukan blog Puskesmas Palaran, Samarinda, Kaltim ini sudah beberapa waktu yang lalu dalam rangka blogwalking untuk melengkapi Bloglines Kesehatan, tetapi belum sempat berkunjung ke beberapa tautnya (link-nya), soalnya banyak sih..

Sementara, ini satu-satunya blog puskesmas yang berhasil saya temukan dari Googling.

Terkait dengan tulisan Pak Anis yang menyinggung clinical leadership, mungkin kisah ini dapat dijadikan contoh dalam bidang klinis, pendidikan, dan teknologi kesehatan.

Puskesmas Palaran yang profilnya dapat dilihat disini memanfaatkan media blog untuk menampilkan informasi layanan kesehatan. Media blog kini memang banyak digunakan dalam informatika kesehatan/kedokteran (health informatics).

Melihat isinya yang cukup teratur, blog ini nampaknya disusun oleh orang yang memahami teknologi informasi dengan sangat baik..salut. Blog Puskesmas Palaran memiliki beberapa taut:

http://puskesmaspalaran.wordpress.com/ (ini nampaknya sebagai blog utama..CMIIW)
http://puskesmaspalaran.zbloggy.com/
http://palaran.blogs.ie/

alamat lainnya ada di:

http://www.geocities.com/puskesmaspalaran

Blog Puskesmas Palaran yang menggunakan Wordpress.com (menurut saya, ini salah satu blog engine gratis terbaik), memiliki menu yang menarik. Ada profil Puskesmas Palaran, profil petugas-petugasnya yang disertai foto, layanan Puskesmas, bahkan beberapa data dan informasi yang disajikan dengan menarik dapat diunduh (download).

Struktur blog lainnya dilengkapi dengan inline comment dan kalender (khas WP), fasilitas pencarian, dan memiliki kategori:
  • ekspos data
  • health
  • health issues
  • medical review
  • ProTap
  • Warta
Blogroll-nya menampilkan taut Puskesmas Palaran lainnya yang ada di zbloggy.com , blogs.ie, geocities.com, situs pemerintah Samarinda, dan tak lupa blog-nya cak moki (creator).
Terdapat juga taut ke Depkes RI dan WHO.
Template-template blog nampaknya bersumber dari koleksi OpenWebDesign, OSWD, dan Solucija seperti yang tercantum pada taut yang ada di sidebar.
Arsipnya tersedia sejak bulan Agustus - November 2006.
Top posts, recent posts, komentar terbaru, meta (entries dan comments) sebagai plugin WP turut mewarnai tampilan blog ini (ah.. seandainya blogger.com memiliki fitur lengkap ini dan valid HTML/XHTML...). Spam blocked untuk filter dan Flickr Photos juga tidak ketinggalan di era Web 2.0/3.0 ini.

Beberapa tulisan menampilkan situasi nyata di Puskesmas yang kadang tidak seindah program-program tertulis dari 'atas'. Mudah-mudahan para pejabat kita membacanya.

Di tiap blog Puskesmas Palaran, selalu tampil karya/tulisan cakmoki.
Coba cek di profil petugas, dr. H. Hatmoko (aka cak moki), hasil Googling menemukan beliau (mohon koreksi Dok ya..) asal Jember, lulusan FK Unair 1978 1986, hobi memancing (ikan..kan), (menonton?) sepak bola, kini sebagai staf pengajar di IKM PSKU Unmul, mantan Kepala Puskesmas Palaran periode April 2001 - Juni 2006 (sempat menjabat posisi yang sama pada akhir 1986 - 1995).

Kunjungi juga situs dan blog beliau di (banyak nih..):

http://masmoki.blogspot.com/
http://cakmoki-ikm.blogspot.com/
http://masmoki.wordpress.com/
http://www.geocities.com/cakmoki/
http://www.freewebtown.com/cakmoki/
http://cakmoki.blogonfly.com/

Sebenarnya masih banyak lagi, coba Googling cak moki..

Blog ini awalnya (mungkin?) dipelopori oleh cak moki sebagai clinical leadership/user champion, dengan melakukan diseminasi pengetahuan yang dimilikinya (sempat berbagi info tentang blog juga dengan rekan-rekan sejawatnya di PSKU Unmul), maka kini usahanya dapat diteruskan oleh petugas kesehatan yang lain.

Semoga Puskesmas Palaran dan Puskesmas lain di Indonesia dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat melalui media yang ada. Tetaplah berjuang dan berbagi informasi.

Tech Tags: | Post to Del.icio.us | Digg This!

No comments:

Post a Comment