Sunday, January 14, 2007

Blog - Pindah (juga) ke Wordpress.com

Akhirnya saya pindah juga ke Wordpress.com.

Setelah (baru) berhasil switch (berganti rupa) atau ber-konversi dari blogspot lama menjadi model baru dengan sistem layout, klik dan geser menu samping, publish yang lebih ringkas, format CSS, XHTML dan XML yang terkompresi, sehingga respon blog secara umum menjadi lebih cepat dan ringan.

Sebelumnya konversi belum behasil, mungkin dikarenakan jumlah tulisan atau komentar yang ada. Saya percaya Tim Blogger.com (BlogSpot) sudah bekerja keras semaksimal mungkin. Diharapkan semua pengguna BlogSpot lama akan beralih ke BlogSpot baru dengan akun Google Mail (maklum, karena Bloggger.com sudah diakuisisi oleh Google; ranking pengguna Blogger.com akan lebih baik di hasil pencarian Google?).

Pembuatan menu samping masih dapat dilakukan dengan lebih mudah walaupun tidak se-merdeka Blogger.com versi lama.
Mengubah struktur body menjadi lebih sulit (tidak bisa?).
Yang mencengangkan menurut saya adalah kebanyakan template yang disediakan masih (saja) tidak valid CSS dan X/HTML-nya. Okelah ini memang versi gratisan (gratis kok minta enak!).

Dulu masih bisa valid XHTML 1.1 (coba-coba mengikuti petunjuk di validxhtml.blogspot.com) untuk tampilan depan saja (halaman komentar masih dikuasai Blogger.com) dengan menyembunyikan (bukan menghapus!) navigation bar (sumber invalid terkemuka!), kini Blogger.com mengubah beberapa tags-nya seperti diceritakan di Migrating to Blogger Beta. Validasi XHTML Blogger versi baru sangat mengejutkan dengan banyaknya pesan kesalahan. :(

Nampaknya Blogger.com masih harus banyak berbenah untuk dapat bersaing dengan penyedia mesin blog gratisan lainnya.

Mengapa validasi menjadi penting?
Bagi saya, hanya untuk pembelajaran saja (namanya juga gratisan).

Bagi para pebisnis (yang menggunakan Internet dan situs web), penggunaan 'senjata' SEO tentu sangat diperlukan.
Memang tidak hanya sekedar validasi struktur situs web saja yang mempengaruhi. Konten atau isi situs juga sangat penting.
Bagaimana 'jualan' mereka dapat dengan mudah ditemukan dari mesin pencari. Sehingga situs penjual pun akan mudah pula ditemukan. Alih-alih untung menanti (tentu lebih baik gunakan versi Pro atau yang berbayar).

Situs dengan struktur standar lebih berpeluang tampil aman di semua browser (maka gunakanlah Firefox! Tetapi cek juga dengan Opera dan Internet Explorer) yang sudah menerapkan standar web (misalnya standar menurut W3C).

Bagaimana dengan kesehatan?
Untuk mempermudah informasi kesehatan tertentu (yang benar-benar diinginkan) ditemukan oleh penggunanya melalui kata kunci yang dimaksud, maka sebaiknya cobalah ikuti standar yang ada, baik struktur penulisan situs web maupun penulisan konten situs web (valid CSS eksternal, valid XHTML, microformat, dan sebagainya).

Sehingga dengan alasan pembelajaran, dengan ini (tanpa potong tumpeng) blog saya secara resmi pindah ke mesin blog 'tetangga' (gratisan juga). Blog - danartsign [by Dani Iswara] ini akan saya pasifkan (tidak dihapus) untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Komentar masih terbuka.

Mari saling berbagi di blog baru saya: Dani Iswara's Blog
Segala taut silakan disesuaikan (tidak memaksa).

Tulisan yang sama tentang topik ini terdapat juga di blog baru tersebut.
Terima kasih atas segala apresiasi anda. Mari lanjutkan perjuangan.

No comments:

Post a Comment