Monday, December 28, 2009

Kekurangan Hormon Akibatkan Bayi Sungsang

Kekurangan hormon thyroxine yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid selama ini diketahui menyebabkan gangguan kehamilan dan meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir prematur serta preeklamsia. Hormon ini sendiri berfungsi dalam proses metabolisme tubuh.

Namun para peneliti dari Belanda mengatakan bahwa kadar hormon yang masih termasuk "rendah hingga normal" juga menyebabkan masalah. Misalnya saja posisi kepala janin berada di atas rongga rahim (sungsang) atau posisi kepala sudah di jalan lahir namun wajah menghadap ke belakang, sehingga menyulitkan proses persalinan. Kekurangan hormon thyroxine disebutkan membuat bayi kesulitan mengubah posisinya di rongga rahim.

Posisi bayi yang disebutkan di atas bukan hanya membuat proses kelahiran menjadi lama dan sulit, tapi juga membuat dokter menggunakan alat-alat bantu kelahirkan seperti tang, vakum, bahkan di operasi caesar. Pada studi yang dilakukan terhadap 1000 ibu hamil yang sehat diketahui rendahnya kadar hormon thyroxine pada usia kehamilan 36 minggu menyebabkan posisi kepala bayi tidak lazim.

Para peneliti dari Universitas Tilburg, Belanda, ini mengatakan kekurangan hormon thyroxine umumnya terjadi satu dari 10 kehamilan. Untuk mengetahui normal tidaknya kadar hormon ini perlu dilakukan tes darah.

http://dede-health.blogspot.com

No comments:

Post a Comment